Kamis, 10 Agustus 2017

Dasar Layouting Pada Android Studio



Layout adalah suatu tampilan tata letak di android studio untuk mengatur penempatan text/gambar yang sudah terkonsep.jadi layout di sini adalah bagian terpenting untuk memperindah tampilan pada aplikasi yang kita buat nyaman di lihat bagi pengguna.

Membuat Project Baru di Android Studio

1. Buat project baru di Android Studio.

2. Berikan nama pada Aplikasi android kamu.
 
3. Pilih versi minimum untuk aplikasi android yang ingin kamu buat.
4. Pilih activity layout untuk project android kamu.
5. Klik finish.

 Jenis-jenis Layout pada Android

Layout terbagi menjadi 2 yaitu:
  • LinearLayout
  • RealtiveLayout
Liniear Layout adalah design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara vertical dan horizontal dimana tata letak aplikasi kita hanya bisa memasukan media secara mendatar dan menurun. Contoh:




Relative Layout design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara bebas tanpa aturan sesuai keinginan kita.tidak seperti Linear Layout yang hanya terpaku pada salah satu tampilan vertical dan horizontal. Contoh:

Posisi relative terhadap container. Elemen UI dapat diatur supaya diletakkan diposisi tertentu, relative terhadap container dengan atribut berikut:

android:layout_alignParentTop : Nilai true berarti elemen UI diletakkna rata terhadap sisi atas Relative-Layout. Jika tidak ada atribut yang mengatur peletakkan elemen UI secara vertical maka elemen UI diletakkan rata atas.

android:layout_alignParentLeft : Nilai true berarti elemen UI diletakkna rata terhadap sisi kiri Relative-Layout. Jika tidak ada atribut yang mengatur peletakkan elemen UI secara horizontal maka elemen UI diletakkan rata kiri.

android:layout_alignParentRight : nilai true berarti elemen UI diletakkan rata sisi kanan RelativeLayout

android:layout_alignParentBotton : nilai true berarti elemen UI diletakkan rata sisi bawah RelativeLayout.

android:layout_centerHorizontal : nilai true berarti elemen UI diletakkan tepat di tengah relative terhadap lebar RelativeLayout.

android:layout_centerVertical : nilai true berarti elemen UI diletakkan tepat di tengah relative terhadap tinggi RelativeLayout.

android:layout_centerParent : nilai true berarti elemen UI diletakkan tepat di tengah relative terhadap tinggi dan lebar RelativeLayout. Atribut ini juga menggunakan kombinasi android:layout_centerHorizontal dan android:layout_centerVertical.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menggunakan INNER JOIN, RIGHT JOIN DAN LEFT JOIN

Apa sih perintah JOIN itu? Perintah JOIN dalam SQL digunakan untuk menampilkan data pada table yang saling berhubungan atau berelasi....